Sistem Antrian di BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

Hampir semua masyarakat kini tercover oleh layanan kesehatan ini. Jika dulu, masih bernama ASKES, layanan ini kurang begitu populer, sehingga ” sakit ” menjadi sesuatu mahal bagi masyarakat pada umumnya. Tapi sekarang, terlepas dari pro kontra yang terjadi di masyarakat, bahwa ketika kita sakit tidak begitu memikirkan biaya yang akan dikeluarkan, karena hampir semua layanan kesehatan sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Manfaat ini sudah pernah penulis rasakan, ketika istri penulis menjalani persalinan di rumah sakit.

Karena bisa melayani semua lapisan masyarakat, maka sering terjadi antrian yang membludak di setiap kantor BPJS Kesehatan. Hal ini biasanya karena tidak ada sistem antrian di BPJS Kesehatan. Karena tidak adanya sistem antrian tersebut, petugas BPJS Kesehatan kewalahan dalam melayani banyaknya calon pengguna BPJS Kesehatan.

Beberapa kantor BPJS Kesehatan akhirnya menganggarkan untuk diadakannya sistem antrian untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa sudah menggunakan mesin antrian ketika masih bernama ASKES.

Berikut ini beberapa kota di Indonesia yang menggunakan mesin antrian Grade-Q , sebagai solusi sistem antrian di BPJS Kesehatan.

  • BPJS Kesehatan Cabang Jember
  • BPJS Kesehatan Cabang Malang
  • BPJS Kesehatan Cabang Lamongan
  • BPJS Kesehatan Cabang Tuban
  • BPJS Kesehatan Cabang Selong
  • BPJS Kesehatan Cabang Lombok Tengah
  • BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih

Beberapa cabang juga menggunakan sistem antrian melalui rekanan.Untuk sistem antrian di BPJS Kesehatan, banyak tipe yang digunakan. Untuk BPJS Kesehatan di kota kecil seperti BPJS Kesehatan Cabang Selong menggunakan tipe SQ ( mesin antrian tanpa komputer ). Untuk BPJS Kesehatan di kota besar menggunakan mesin antrian berbasis komputer. BPJS Kesehatan cabang Malang menggunakan mesin antrian tipe SCQ. BPJS Kesehatan cabang Prabumulih menggunakan mesin antrian CCQ Touchscreen. Untuk mesin antrian berbasis komputer bisa menampilkan informasi video pada tampilan LCD TV.